Kuliner Lezat Khas Bali

Bali tak hanya membius wisatawan datang dengan pesona alamnya saja, tetapi juga melalui berbagai sajian kulinernya. Maka sayang jika Anda ke Bali namun tak sempat mencicipi kuliner Bali yang terkenal unik dan lezat. Apabila Anda berencana berwisata ke Bali, jangan lupa cantumkan juga anggaran berburu kuliner ini dan dijamin liburanmu akan terasa lengkap. Berikut ini adalah beberapa kuliner lezat khas Bali, di antaranya.

Nasi Jinggo adalah kuliner Bali yang terkenal dengan rasanya yang pedas. Nama Jinggo ini awalnya diambil dari kata Jinggo yang berarti 1.500 menurut istilah Cina, sesuai dengan harga nasinya. Nasi Jinggo bisa ditemui pada malam hari mulai pukul 19.00 hingga larut malam di sekitar pinggir jalan Kuta, Ubud atau Denpasar.

Nasi Jinggo ini dibungkus dengan bentuk kerucut lancip dan ukurannya pun mungil. Isian dalam nasi jingo adalah sekepal nasi, suwiran ayam atau daging, serundeng, orek tempe, dan sambal. Meski sedikit, namun rasanya sangat nikmat karenanya banyak yang memakan nasi Jinggo lebih dari satu bungkus. Yang menarik dari nasi ini adalah rasa sambal yang ekstra pedas.

rujak kuah pindang

rujak kuah pindang

Rujak Kuah Pindang adalah masakan yang terbilang unik karena mencampurkan segarnya buah dengan asinnya kaldu ikan. Cemilan ini berbeda dengan rujak pada umumnya, perpaduan rasa pedas, kecut,asam dan sedikit amis membuat keunikan cita rasa rujak kuah pindang ini.

Dalam seporsi rujak, biasanya berisi papaya muda, kedondong, jeruk bali, bengkuang atau ketimun yang diiris tipis agar kuah lebih meresap. Sementara kuah dari rujan ini terbuat dari rebusan kepala ikan kemudian air kaldunya dicampur dengan cabai, terasi dan sedikit gula merah. Jajanan ini banyak ditemui di kawasan Denpasar atau Jimbaran.

Ayam atau bebek betutu adalah kuliner yang tidak kalah nikmat dari Bali. Pada dasarnya betutu adalah menu masakan yang terbuat dari ayam atau bebek utuh yang diberi bumbu dan dipanggang dalam api sekam. Kuliner ini bercita rasa pedas dan gurih, serta rasa sereh dan kunyit yang menjadi ciri khasnya.

Proses pengolahannya yaitu ayam yang telah dibersihkan kemudian dibaluri dengan basa serep (rempah rempah yang terdiri dari lengkuas, sereh, kunyit, jahe, bawang merah dan cabe rawit) yang telah dicincang dan dicampur minyak kelapa. Bumbu tersebut juga dicampurkan dengan daun singkong dan diletakkan di dalam perut ayam atau bebek. Setelah bumbu dicampur rata, ayam atau bebek pun diikat dan siap direbus. Proses perebusan ini dimaksudkan agar bumbu meresap sempurna dalam daging. Tak berhenti sampai di situ saja, ayam atau bebek yang telah direbus tadi kemudian dipanggang.

Ada pula ayam betutu goreng bagi Anda yang tidak menyukai rasa sereh atau kunyit yang kentara. Ayam atau bebek betutu goreng proses pemasakannya sama saja dengan ayam betutu biasa. Ayam yang sudah dipanggang kemudian digoreng, hingga menghasilkan ayam yang gurih dan bumbu yang renyah. Banyak tempat di Bali yang menyediakan ayam betutu ini, bahkan juga banyak yang menjual menu ini di Jakarta.

Sudang Lepet, menu yang satu ini adalah menu khas dari Buleleng, sebelah utara Bali. Sudang lepet adalah ikan asin yang digoreng garing. Untuk menambah kelezatan, ikan asin ini ditambahkan dengan minyak kelapa, cabai dan jeruk nipis. Sudang lepet cocok dinikmati dengan nasi panas dan dilengkapi dengan sayur undis, plecing kangkung dan jangan lupa sambal terasi sebagai pelengkap. Makanan ini bisa ditemui di pasar-pasar Buleleng.

Sate susu adalah hidangan yang banyak ditemui pada bulan Ramadhan di kampung Jawa, masih dalam kawasan pulau Bali. Sate susu bukanlah sate yang terbuat dari susu, tetapi sate yang terbuat dari daging kantung susu sapi yang dimasak, kemudian diiris tipis dan diberi bumbu ragi dan tentunya dipanggang di atas bara api. Bumbu dari masakan ini berbeda dengan bumbu sate pada umumnya. Karena diproduksi di kampung Jawa, sate susu ini juga merupakan perpaduan dari kuliner Bali dan Jawa. Makanan yang menjadi menu favorit berbuka puasa ini tenyata dapat meninggkatkan stamina dan kesehatan tubuh selama berpuasa.

Tagged: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *