Pawon Pasundan Di Tuban, Kuta – Cita Rasa Sunda klasik

Satu lagi, resto masakan khas Sunda yang patut dikunjungi pecinta kuliner nusantara di pulau Bali. Tempat makan yang sudah teruji cita rasanya, sehingga mampu tegar berdiri selama lima belas tahun. Kali ini, Wisata Kuliner Bali berkunjung ke Pawon Pasundan yang berada di persimpangan lampu merah jl. Kediri dan Jl. Raya Tuban, Kuta.

Bicara soal masakan khas Sunda, biasanya orang langsung ingat hidangan khasnya nasi dengan lauk ayam atau ikan, lalapan dan sambalnya. Lalapan di rumah makan Jawa Barat sangat melimpah dengan pilihan sayur mentahnya, dan ini yang membedakan dengan ‘sayur hias’ dari daerah lain.

pasundan

Hidangan paling favorit di Pawon Pasundan adalah Nasi Timbel Komplit yang terdiri dari : Nasi yang dikukus dan digulung dalam bungkusan daun pisang, ayam goreng atau gepuk, ikan asin, tahu/tempe goreng, sayur asem, lalap & sambel, dilengkapi dengan teh tawar, es cincau yang diserut dengan susu kental manis bukan santan, dan potongan buah segar.

Selain itu ada juga Flying Gurame yang dibuat dengan teknik penggorengan khusus (sayang kami tidak diajak untuk melihat proses pembuatan ikan dengan ‘posisi’ unik ini) adalah salah satu menu paling disukai disini. Jika biasanya ikan tawar gurame saat digoreng memiliki rasa dan bau ‘lumpur/tanah’ yang khas, tidak demikian halnya dengan yang Pawon Pasundan hidangkan kepada para tamu. Ikan goreng ini terasa sangat gurih, renyah, tanpa bau khas ikan tawar, dan dagingnya sangat lezat dan lembut.

Tidak tahan rasanya untuk menghabiskan sedikit demi sedikit ikan terbang ini sampai ekornya yang tetap terasa renyah dan gurih. Di restoran ini juga terdapat soto bandung, karedok dan es puter kopyor. Pawon Pasundan memiliki cita rasa yang sangat klasik dan tidak neko-neko. Pawon Pasundan juga menyediakan menu vegetarian Ovo dan Vegan.

Tagged:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *