Serombotan, Identitas Kuliner Klungkung

Kabupaten Klungkung memang identik dengan serombotan, sejenis kuliner yang bisa ditemui hampir di semua desa di Klungkung. Serombotan ini merupakan makanan khas Klungkung yang dibuat dari campuran beberapa jenis sayuran, kacang-kacangan dan bumbu. Hidangan ini biasanya untuk mendampingi makanan ketupat atau nasi. Begitu populernya serombotan ini, sampai-sampai kini keberadaannya tidak hanya di Klungkung, tapi menyebar ke daerah-daerah lain di seluruh Bali.

Seperti namanya, serombotan merupakan makanan khas Bali yang terdiri dari berbagai sayur–sayuran, antara lain kecambah, kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, dan terong bulat. Semua jenis sayuran tersebut direbus dengan api sedang hingga matang, kecuali terong. Semua itu, lalu rata-rata dipotong pendek untuk mempermudah penyajian. Selain berbagai macam sayuran, serombotan juga disajikan dengan beberapa jenis kacang seperti kacang merah, kacang ijo, kacang tanah, dan kacang hitam sehingga orang menyebutnya dengan serombotan kacang.

serombotan bali

Para wisatawan domestik yang sempat menikmati menu serombotan ini menyebut jenis kuliner ini tak jaug beda dengan dengan sayur urap. Mereka, sebagaimana ditulis dalam komentarnya di media online,  rata-rata mengatakan, “Makan serombotan Klungkung, pingin ke Bali lagi. Selain menyegarkan, rasa serombotan juga lezat. Bagi kami yang akrab dengan makanan khas Sunda, serombotan ini mirip sayur urap ala Sunda yang biasanya dibuat dari rebusan kangkung, toge, kol, potongan kacang panjang, lalu disiram dengan parutan kelapa yang telah diberi bumbu pedas.”

Dalam sajian serombotan, bumbu yang digunakan ada tiga jenis. Pertama, sambal nyuh atau sambal dari kelapa parut. Sebelum diparut, kelapa tua dibakar di atas api kecil, kemudian dicampur dengan bawang putih, cabai, garam, terasi, dan sedikit gula Bali yang telah dihaluskan. Kedua, bumbu kacang, yang merupakan campuran kacang tanah yang sudah ditumbuk halus, bawang putih, cabai, garam, terasi dan gula Bali. Lalu digoreng dengan sedikit minyak supaya bumbu matang dan tahan lama. Ketiga, bumbu uyah sere lemo yang berbahan cabai, garam, terasi, dan perasan buah jeruk purut. Jenis sambal ini untuk mereka yang suka pedas.

Dari nama dan penyajiannya, serombotan tergolong makanan khas bali yang merakyat, termasuk dari sisi harga. Sebungkus serombotan Klungkung umumnya dijual dengan harga berkisar Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per porsi, dibungkus dengan daun pisang. Jenis kuliner ini menjadi lengkap dan nimat di lidah jika ditemani dengan nasi atau ketupat dan kerupuk. Di Klungkung, terutama di Kota Semarapura, serombotan dapat dijumpai di pasar senggol yang dibuka mulai dari pukul 15.00 Wita.  Sebagai informasi tambahan, menurut penelitian, kandungan zat gizi serombotan untuk porsi 100 g adalah energi 87,10 kkal, karbohidrat 8,20 g, protein 3,90 g, dan lemak 4,30 g. renon

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *