Sudang Lepet

Sate lilit ikan tuna, ayam betutu, sampai sambal matah merupakan beberapa dari masakan Bali. Masakan ini terkenal tak hanya sebagai menu yang diburu penggemar wisata kuliner saat bertandang ke Bali, tetapi juga dikenal sampai bisa Anda temukan di luar Pulau Bali. Selain masakan tersebut, ada pula masakan-masakan lain yang belum terlalu tenar oleh wisatawan nusantara, namun digemari oleh penduduk lokal Bali.

Sudang lepet adalah ikan asin yang merupakan makanan khas Buleleng, kabupaten di utara Bali. Ikan gepeng yang diasinkan ini cukup digoreng untuk mendapatkan tekstur yang garing nan gurih. Biasanya, ikan yang telah digoreng cukup diberi minyak kelapa, jeruk nipis, dan cabai untuk menambah kelezatan rasa. Makan sudang lepet paling nikmat ditemani dengan jukut undis (sayur undis) dan plecing kakung, serta nasi panas.

Bisa juga dengan sambal terasi atau sambal matah sebagai teman menikmati ikan asin ini. Masih agak jarang tempat makan di Bali yang menjual menu ini. Di Buleleng, Anda bisa mencarinya di Rumah Makan Pondok Asri. Sudang lepet juga bisa Anda beli di pasar-pasar di Buleleng sebagai oleh-oleh. Cukup digoreng dan nikmati kerenyahan ikan.

lepet

Sudang lepet merupakan salah satu makanan tradisional khas Buleleng yang sangat populer. Sudang lepet merupakan ikan asin yang sudah dikeringkan dan sudah diolah sedemikian rupa. Dimana biasanya ikan yang lebih sering digunakan untuk membuat sudang lepet ini sendiri adalah ikan pari yang kemudian ditumbuk secara tradisional. Cara mengolahnya pun sangat mudah, yakni hanya perlu menggorengnya sebentar lalu ditambahkan dengan sedikit jeruk nipis dan minyak kelapa asli.

Bila kita berbicara tentang sudang lepet, maka hal yang tidak bisa dilupakan adalah sayur undisnya, atau yang lebih dikenal dengan sebutan jukut undis. Sudang lepet akan lebih nikmat bila disajikan bersamaan dengan jukut undis. Jukut undis sendiri merupakan salah satu jenis sayuran khas bali yang diolah dengan bumbu-bumbu khas bali. Namun sayangnya, sangat jarang bahkan bisa dikatakan belum ada rumah makan di Buleleng khususnya yang menyajikan makanan khas Bali Utara ini. Sehingga untuk bisa memperolehnya, anda disarankan untuk bertandang ke desa Sangsit yang notabene merupakan sentra pembuatan makanan  unik ini.

Tagged: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *