Aneka Jajanan/Jaje Khas Bali

Mirip dengan jajanan pasar di daerah lainnya di Bali juga terdapat berbagai macam jajanan pasar yang selain harganya murah juga rasanya yang enak. Dan pengolahannya juga masi secara tradisional ( tanpa pewarna berbahaya, pengawet, dsb ). Berikut ini adalah bebearpa aneka jajanan khas bali antara lain :

Jaje Batun Bedil

Bentuknya bulatan-bulatan pipih. Rasanya kenyal gurih diselimuti adonan encer dari gula merah. Taburan kelapa parut yang gurih dan wangi membuat rasanya makin enak. Nama batun bedil alias batu bedil atau peluru karena bentuknya mirip dengan peluru.

Jaje Laklak 

jaje laklak

Kalau di Jawa di kenal dengan nama Serabi, nah di Bali juga ada.. namanya Laklak, jaje Laklak merupakan jajanan pasar tradisional Bali yang terbuat dari tepung beras, Kapur sirih, Daun kayu sugih dan bahan tambahannya berupa parutan kelapa, gula merah dan garam. Bentuknya bundar, salah satu sisinya kasar berwarna hijau dan sisi lainnya lembut berwarna putih. Biasanya laklak disajikan dengan ditaburi parutan kelapa dan disiram dengan larutan gula merah yang cukup kental.

Jaje Uli

Jaja uli merupakan makanan khas bali yang diwariskan oleh nenek moyang. Jaja uli ini biasanya digunakan sebagai sesajen pada saat odalan seperti hari raya galungan, hari raya kuningan, hari raya pagerwesi dan lain – lain. Terbuat dari bahan dasar tepung beras jaje uli ada dua variasi yaitu jaja uli berwarna putih dan jaja uli berwarna coklat. Jika yang jaja uli putih dibuat dengan campuran gula pasir,maka jaja uli kering coklat dibuat dengan campuran gula bali. Namun walaupun berbeda warna jaje tersebut rasanya tetap enak, jaje uli ada yang dijual basah atau digoreng kering

Tagged: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *