Bebek dan Ayam Betutu

Masakan yang satu ini sudah sangat terkenal di dunia karena ini adalah masakan khas dari bali, surga dunia yang di miliki indonesia.Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuk. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual.

Konsumennya tidak hanya masyarakat Bali tapi juga tamu manca negara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat tertentu seperti di hotel dan rumah makan/restoran. Betutu tidak tahan disimpan lama, jadi masakan ini kurang cocok jika di jadikan oleh-oleh. Bebek Betutu dan Ayam Betutu adalah masakan khas daerah Gianyar pada mulanya. Kita dengan mudah dapat menemukan masakan kegemaran orang Bali ini di Pasar Senggol atau Pasar Malam Gianyar.

betutu

Di berbagai restoran yang ada di Ubud dan Denpasar menu Ayam Betutu atau Bebek Betutu banyak disediakan, namun banyak yang mensyaratkan untuk memesan satu hari sebelumnya karena proses pembuatannya agak lama. Orang yang memelopori inovasi pembuatan ayam betutu dengan bumbu super pedas sehingga menjadi demikian populer sehingga menjadi semacam legenda adalah Men Tempeh atau Ni Wayan Tempeh yang berasal dari Abianbase, Kota Gianyar, dengan suaminya I Nyoman Suratna yang berasal dari Bangli.

Proses pembuatan Ayam atau Bebek Betutu kurang lebih sebagai berikut: ayam atau bebek yang akan dibetutu mula-mula dibersihkan, jeroannya dikeluarkan dan dibersihkan, lalu kulitnya dilumuri dengan berbagai bumbu rajang (tidak diulek tapi dipotong kecil-kecil) yang terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, serai, daun limau, kemiri, jahe, kunyit, kencur, merica hitam, ketumbar, lombok, terasi dan garam.

Sebagian bumbu tersebut dimasukkan ke dalam rongga dada lalu ditutup. Ayam atau bebek yang sudah dibumbui ini lalu dibalut dengan beberapa lapis daun pisang atau pelepah pinang (upih) lalu dikukus selama sekitar satu jam, kemudian diangkat. Kemudian, ayam atau bebek tadi dipanggang selama sekitar satu jam di dalam serabut kelapa yang ditaburi sekam dengan dibolak-balik beberapa kali supaya dagingnya merata matangnya. Bila sudah matang, dagingnya menjadi demikian lembut sehingga gampang terlepas dari tuang-tulangnya. Bebek dan ayam betutu adalah kuliner bali yang menjadi favorit bagi wisatawan maupun penduduk bali.

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *