Ikan Bakar Tanjung Alam

Gudangnya seafood enak untuk Pulau Bali memang ada di daerah Jimbaran, hal itu sudah diketahui oleh hampir semua wisatawan lokal maupun mancanegara yang berlibur ke Pulau Bali. Namun bagaimana kalau kita sedang berwisata di Bali Utara dan ingin menikmati hidangan seafood ? Yang jelas kita tidak perlu segera meluncur ke arah Jimbaran, namun cukup mengarahkan laju kendaraan ke jalan Singaraja-Seririt, Kalibukbuk, Lovina. Kalau dari Pantai Lovina kira-kira sekitar 15 menit perjalan ke arah barat, di sisi kanan jalan, sedangkan dari arah kota Singaraja sekitar ±15 km. Disana anda akan menjumpai Lesehan Ikan Bakar Tanjung Alam yang menyajikan berbagai macam hidangan seafood, terutama untuk ikan bakar.

Rumah makan ini Lokasinya tepat berada di sisi pantai, beberapa gazebo berjajar rapi dengan konsep yang sederhana dan santai. Tempatnya dibagi menjadi dua tipe, memakai kursi dan duduk lesehan di atas gazebo. Letak gazebonya agak sedikit menjorok ke pantai jika dibandingkan dengan yang menggunakan kursi. Mengusung nama Lesehan Ikan Bakar Tanjung Alam, tentu saja yang menjadi makanan favorite-nya berupa ikan bakar dengan berbagai jenis dan ukuran. Selain ikan bakar, menu lainnya ada sup ikan, cumi, udang dan ayam. Untuk sidedishnya tentu saja cah kangkung tidak pernah absen dari posisinya, namun di lesehan ini juga menyediakan plecing kangkung juga. Sedangkan untuk minumannya, ada softdrink, soda gembira, es jeruk, es kelapa, es lemon, kelapa muda batok, teh, air mineral dan juga bir dengan ukuran besar dan kecil.

ikan bakar

Setelah melihat-lihat jenis ikannya, kami pun memilih beberapa jenis ikan yang tersedia dan segera kembali ke gazebo. Sambil menunggu pesanan datang, kami pun menikmati keindahan pantai dan merasakan kesejukan angin yang berhembus sambil berfoto-foto. Tak terasa makanan pun diantarkan ke atas meja, aroma sangat menggoda, tak sabar ingin segera mencobanya. Setelah semua pesanan diantar, kami pun dengan segera mencoba setiap jenis ikan bakar yang telah tersaji. Rasanya yummy waktu ikan dipadukan dengan sambal matah maupun sambal merah yang rasanya lebih pedas. Bumbu ikannya melimpah dan sangat terasa, dan lebih nikmat lagi kalau sambalnya ditambah dengan kecap manis.

Sehabis menyantap semua makanan dan puas menikmati keindahan pantai, kami pun melaksanakan kewajiban sebagai konsumen. Setelah sampai di kasir, total harga yang harus kami bayar cukup murah, rata-rata setiap orang hanya kena ±25ribu rupiah. Kalau menurut harga patokannya mulai Rp 4.000 sampai Rp 25.000/ porsi untuk makanannya, ikannya dihitung berdasarkan berat yaitu sekitar Rp. 50.000/ kg, sedangkan untuk minuman mulai dari Rp 3.500 sampai Rp 28.000 untuk setiap jenisnya. Harga yang cukup murah untuk menikmati hidangan seafood yang rasa dan suasananya yang cukup memuaskan. Biasanya Lesehan Tanjung Alam mulai melayani para pengunjungnya setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam. Jadi para pengunjung yang datang pada sore hari, bisa menikmati hidangan kuliner bali sekaligus menikmati keindahan sunset yang terlihat jelas dari gazebo-gazebo yang ada.

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *