Pondok Mina

Setelah berwisata alam di Bali Timur, saatnya untuk mencari wisata kuliner di daerah Bali Timur juga. Setelah mendapat recommend dari beberapa warga sekitar yang sempat kami temui, keluarlah nama Pondok Mina. Lokasinya ada di Jl. Untung Surapati, Padangkerta, Amlapura, Bali Timur. Kalau dari arah Taman Air Tirta Gangga menuju kota Denpasar, Pondok Mina ada di sebelah kanan jalan.

Pondoknya berdiri di atas sebuah kolam dengan beberapa meja dan kursi yang ditata rapi dan memanjang. Karena lokasinya berhadapan langsung dengan area persawahan dengan desain ruangan yang terbuka, jadi udara sore dan angin yang menyegarkan dapat dirasakan. Tapi ada satu hal yang cukup menyita perhatian kami sejenak, beberapa buah durian yang ada disetiap meja. Biasanya buah yang disajikan sebagai sidedishnya berupa semangka, apel atau jeruk, namun tidak demikian di Pondok Mina. Bagi Anda penggemar durian, bisa menyantapnya sambil menunggu pesanan datang.

gurame

sambalPondok makan ini menyajikan menu special berbagai olahan ikan Gurame, mulai Gurame panggang/bakar, goreng, asam manis dan juga dipepes. Karena perut sudah lapar, tanpa pikir panjang, kami pun memesan Ikan Gurame Goreng dan Gurame Pepes. Setelah pesanan datang, ternyata porsinya cukup besar dan gurame gorengnya disajikan dalam satu paket. Terdiri dari gurame goreng sebagai menu utamanya, plecing kangkung yang atasnya ditaburi dengan kacang tanah goreng, lalapan dan juga . Sedangkan untuk pepes guramenya, cara penyajiannya juga sama, namun tanpa sambal.

Kelebihan sajian di Pondok Mina ini, semua bahan sajiannya diolah ketika pesanan datang, sehingga rasanya masih segar dan enak. Apalagi untuk gurame gorengnya, benar-benar gurih dan renyah, bumbunya terasa banget, ditambah lagi dengan sambalnya yang juga mantap. Sedangkan untuk pepes guramenya terasa sekali bumbu khas Bali yaitu bumbu ganep. Bagi penduduk Bali asli pasti akan menyukai gurame yang dimasak pepes ini, namun bagi wisatawan lokal kurang direkomendasikan menu yang ini karena bumbu rempahnya terasa sangat kuat dan kurang cocok di lidah turis lokal.

Untuk menikmati kelezatan olahan guramenya, kita harus mengeluarkan uang 40 ribu untuk setiap porsinya. Harga yang cukup sebanding untuk membayar kenikmatan yang dirasakan dalam porsi yang cukup besar. Meski terkenal dengan guramenya, Pondok Mina juga menyediakan menu lain kuliner bali, seperti ayam goreng, ayam asam manis, capcay dan nasi goreng. Biasanya pondok ini mulai melayani para pengunjungnya setiap hari mulai jam 7 pagi sampai jam 10 malam.

Tagged: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *