Makanan Khas Lombok Yang Wajib Dicoba

Lombok tidak hanya memiliki pantai yang indah tetapi juga menjadi destinasi wisata kuliner yang menarik. Lombok, NTB memang menjadi surganya para pecinta kuliner, khususnya pecinta makanan pedas. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Lombok yang wajib di coba dan tidak boleh untuk Anda lewatkan saat berlibur ke sana.

Plecing Kangkung

Plecing kangkung terdiri dari kangkung rebus dan sambal tomat dari racikan cabe rawit, terasi, garam, dan tomat. Citarasa lezat dari masakan ini adalah kangkung khas Lombok yang tidak sama dengan kangkung di Jawa. Di dalam plecing kangkung, biasanya juga ditambah kacang goreng dan tauge. Salah satu tempat populer yang menjual plecing kangkung adalah RM Dua-Em Bersaudara di Jl Transmigrasi 99 Mataram.

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang biasanya dimasak dengan cara dibakar atau digoreng. Rasanya semakin lezat bila menggunakan ayam kampung muda. Kelezatan makanan ini juga terletak pada bumbunya yang super pedas. Jika berminat mencobanya, Anda dapat memesan ayam taliwang di RM Ayam Bakar Taliwang Irama di kawasan Cakranegara.

Sate Bulayak

Makanan khas Lombok ini tidak hanya lezat tetapi cara memakannya juga cukup unik. Bulayak sendiri merupakan semancang lontong yang dibungkus daun enau atau aren dengan bentuk seperti spiral. Untuk membukanya, harus dengan gerakan memutar. Sementara itu, satenya dibuat dari daging sapi yang dibumbui khas Sasak.

sate bulayak

sate bulayak

Untuk cara makannya, bulayak dicocol ke bumbu sate. Perlu diketahui bahwa pedagang sate bulayak ini tidak menyediakan sendok atau garpu dalam penyajiannya. Penjual sate bulayak dapat ditemui di sejumlah objek wisata seperti Taman Narmada, Pura Lingsar, dan Taman Suranadi.

Nasi Balap Pucung

Walaupun tampilannya tak terlalu istimewa, rasa pedasnya benar – benar akan membuat Anda ingin tambah lagi. Nasi balap disajikan bersama dengan suwiran daging ayam yang dibumbu pedas, udang kering, belut goreng, dan abon. Nasi balap pucung yang paling terkenal di Lombok adalah Nasi Balap Pucung cap Inaq Esun di Desa Puyung, Lombok Tengah.

Ares

Bahan utama masakan ini adalah pelepah pisang muda. Hidangan yang menggunakan santan ini memiliki citarasa gurih dan manis. Ares awalnya adalah makanan khas Suku Sasak yang selanjutnya lebih dikenal sebagai makanan khas Lombok

Sate Rembiga

Sate dari daging sapi ini sangat lezat dengan rasa gurih, pedas, dan manis. Dinamai rembga karena sate ini berasal dari desa Rembiga. Penjual yang menjual sate rembiga otentik adalah  Warung Rembiga di Jl Dakota no 2, Rembiga.

Sate Tanjung

Sate ini terbuat dari ikan Langoan atau ikan Cakalang. Makana ini sangat nikmati bila disantap bersama nasi atau lontong. Gurihnya daging, santan, dan rempah – rempah pedas benar – benar yerasa. Sate ini bisa Anda dapatkan di sekitar pasar Tanjung maupun terminal Tanjung.

Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Hidangan ini terdairi dari poteng atau tape dan jaje tujak atau tetel. Sementara itu iwel merupakan kue dari ketan hitam yang biasa disajikan saat upacara adat Lombok. Iwel memiliki rasa legit dan manis.

Bebalung

Masakan ini terbuat dari tulang iga kerbau atau sapi yang dibumbui dengan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkyas, dan jahe. Biasanya, bebalung disajikan dalam mangkok dan ditaburi bawang merah goreng. Sajian bebalung yang paling populer di Lombok adalah yang dijual di depot Kelebet di Jl HOS Cokroaminoto.

Beberuk Terong

Kuliner Bali yang satu ini semacam lalapan yang disantap bersama ayam taliwang. Beberuk terong terbuat dari terong yang dipotong dan tomat. Bumbu halusnya dari cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, terasi bakar, kencur, garam, gula pasir, dan minyak goreng.

Tagged: , ,

Comments are closed.