Resep Membuat Pancake Yang Sederhana dan Mudah

Pancake merupakan salah satu bentuk makanan kue basah, kue yang berasa manis dengan tekstur yang lembut ini menjadi salah satu hidangan khas pada perayaan tertentu, namun seiring berkembangnya jaman, pancake dapat dengan mudah dibuat dan disajikan tanpa harus menunggu waktu-waktu tertentu. Bahkan untuk sekarang ini pancake juga sering terjadi sebagai menu makanan untuk sarapan atau sebagai bekal anak ke sekolah, yang tentunya dengan berbagai variasi toppingnya.

Untuk anda yang senang akan membuat kreasi kue, tidak salahnya mencoba membuat variasi baru terhadap kue yang manis ini. Karena dalam membuatnya tidak memerlukan waktu yang banyak dan juga mudah. Berikut ini kami tuliskan bagaimana resep membuat pancake yang sederhana dan mudah.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. 200 gram tepung terigu
  2. 600 gram gula pasir
  3. 2 sdm tepung maizena
  4. 2 butir telur
  5. 200 ml susu cair
  6. 1 sdm olive oil atau bisa juga dengan minyak sayur
  7. ½ sdt garam
  8. 2 sdt baking powder

Untuk membutnya.

Campurkan dan aduk sampai rata dengan rata antara tepung terigu, baking powder, gula pasir, dan juga garam. Setelah itu kocok telur dalam wadah terpisah sampai kocokan agak sedikit berbuih, setelah itu tambahkan susu lalu aduk hingga rata. Setelah campuran telur dan susu tercampur dengan rata lalu masukan masukan tepung terigu tadi secara bertahap, dua dampai tiga kali tahapan lalu aduk kembali sampai benar-benar rata.

Setelah adonan tercampur dengan rata diamkan dulu sebentar lalu masukan olive oil dan aduk rata lagi sebentar. Setelah diamkan adonan lalu tutup wadah dengan plastik atau sejenisnya sekitar 10 menit, aduk lagi dengan rata saat mau didadar.

Saat akan di cetak, panaskan terlebih dahulu wajan anti lengket di atas api sedang. Jangan membiarkan wajan terlalu panas karena akan membuat cetakan pancakenya menjadi cepat gosong, sehingga hasilnya kurang maksimal, cukup dengan api kecil saja.

Setelah wajan siap tuangkan sekitar 1 sendok adonan pada tengah wajan, lalu bentuk adonan menjadi bulat dan mengembang. Masak sampai adonan mengembang dan muncul gelembung-gelembung udara dipermukaannya. Ketika bagian bawah pancake sudah berwarna kecoklatan balikan dengan spatula. Setelah itu angkat ketika sudah matang dan sajikan dengan berbagai topping sesuai dengan selera anda.  Pancake yang lezat dan menggugah selera telah siap menjadi santapan anda.

Comments are closed.