Jangan Asal Simpan Makanan di Kulkas! Lihat Caranya Supaya Makanan Tetap Segar!

Memiliki kulkas merupakan keuntungan Anda sebagai manusia modern. Makanan menjadi tetap segar walau sudah lama dibeli, karena disimpan di dalam suhu yang rendah, bahkan di bawah titik beku untuk bagian freezer. Bahkan makanan yang sudah melewati tanggal kadaluwarsa sekalipun bisa Anda makan, selama masih disimpan di dalam kulkas, walaupun ini jelas tidak direkomendasikan.

Berbicara tentang kondisi makanan, ini membawa satu pertanyaan penting: bagaimana caranya menyimpan bahan makanan di kulkas dengan tepat? Banyak orang, termasuk Anda, biasanya hanya tinggal asal saja ketika memasukkan bahan-bahan makanan tersebut tanpa memikirkan penempatannya lebih lanjut. Padahal, ini bisa mempengaruhi kondisi makanan yang tersimpan di dalamnya, seperti menjadi cepat busuk.

Karena itu, untuk mencegah rusaknya makanan di dalam kulkas sehingga bisa bertahan lebih lama, ini yang harus Anda lakukan:

  1. Periksa dan bersihkan teratur

Selalu periksa dan bersihkan kulkas Anda secara teratur, sehingga ketika ada bahan makanan busuk, plastik bocor, atau kuah tumpah, Anda bisa segera mengetahuinya, membuang, serta membersihkannya.

  1. Bungkus buah/sayur dengan kertas

Sayur dan buah bisa dibungkus dengan kertas dan diletakkan di tempat yang terpisah atau berjarak, agar gas yang terlepas dari buah yang satu tak membuat busuk yang lain.

  1. Dinginkan sisa makanan sebelum disimpan

Jika Anda memiliki makanan sisa yang masih hangat, maka dinginkan dulu sebelum masuk ke kulkas agar tak cepat rusak.

  1. Bungkus sayur berdaun dengan plastik

Jika ada sayur dengan dedaunan, maka ikatlah dan bungkus memakai plastik sehingga tak mudah layu dan praktis disimpan.

  1. Tutup makanan berbau tajam

Kalau Anda memiliki makanan yang baunya tajam, maka tutuplah dahulu sebelum dimasukkan kulkas agar tak mengkontaminasi semua makanan di dalam.

Intinya, ketika Anda akan menyimpan makanan di kulkas, jangan sembarangan saja melakukannya. Sebisa mungkin bungkus dulu makanan tersebut agar tetap segar, tak keras, ataupun agar tak mengkontaminasi makanan di dekatnya. Simpanlah makanan berkelompok sesuai dengan jenisnya, sehingga Anda sendiri juga lebih mudah dalam mencarinya di dalam kulkas, sekaligus mencegah semua bahan makanan tercampur.

Comments are closed.